Becak Lawu | Kendaran Tradisional Magetan

69993905_c017c73c29_z

Becak lawu adalah kendaraan tradisional asal Magetan. Namanya pun di ambil dari  nama gunung di magetan yaitu gunung Lawu. Dari namanya saja Becak lawu berarti berada di wilayah sekitar lereng Gunung lawu.  JENDELA_07072012_2Masyarakat sekitar akrab memberi nama becak lawu dengan sebutan Gledekan yang berarti di Gledek atau dijalankan pada jalan yang menurun seperti postur tanah diwilayah sekitar lereng gunung lawu yang naik turun serta tidak menggunakan bahan bakar setetespun dan pastinya ramah lingkungan. ho ho ho hoJENDELA_07072012_1Alat transportasi tradisional ini mampu menjadi roda ekonomi masyarakat sekitar walaupun sudah ada kendaraan seperi mobil atau pun sepeda motor tetapi para sebagian penduduk memilih Becak lawu untuk mengangkut hasil bumi langsung dari ladang atau sawah yang berada di dataran ketinggian tepatnya di wilayah desa Ngeronk, Dadi, Singolangu dan sekitarnya masuk dalam kecamatan Plaosan kabupaten Magetan jawa timur. huih huih desa ane nih, jiaaah jadi promosi. heheheh.

Foto000Seiring berjalannya waktu becak lawu tidak hanya dijadikan sebagai alat transportasi pembawa hasil kebun, tetapi warga setempat di wilyah desa Ngeronk atau selatannya telaga wahyu kecamatan plaosan, Becak lawu di bentuk seperti mobil ferrari yang bertujuan untuk menambah permainan anak sekitar. D

Untitled

Untuk menjalankanya cukup mudah tinggal mencari jalan yang menurun dan ketika ingin mengeRem tinggal menarik pegangan tangan kearah belakang  otomatis rem di belakang ban mengahambatnya serta mengemudikannya dengan kaki untuk membelokkannya.

Hingga saat ini pun masih bisa kita jumpai ketika saat berkunjung di obyek wisata Telaga Sarangan, Jika agan ingin tahu wujudnya dan bentuknya sekalian berwisata datang ke sarangan saja, pastinya sering menjumpai Becak Lawu ini yang menngankut barang hasil pertanian warga sekitar.

About Rendy Kazemha

Tiada Ilmu Yang Tidak Bisa Dipelajari, Selama Ilmu Itu Masih Terlihat dan Dirasakan, So pursue science..

Posted on 3 February 2013, in Info Magetan, Wisata, Wonderfull Indonesia and tagged , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Bagus itu,klo mgkn blm ada mbok iyo dibuatkan even balap becak lawu utk merangsang pelestarian becak lawu,,skalian buat meramaikan even” yg srg diadakan ditelaga sarangan,,

  2. Sebuah alat transportasi tradisional yang unik dan menarik, perlu di lestarikan tuh becak lawu.

Pesan Dari Anda Sangatlah Bermanfaat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: