Istilah yang sering di dengar pada Gadget

gadgets-150x150 Pada dunia gadgets sangat banyak sekali istilah-istilah yang sering digunakan yang berhubungan dengan gadget. Dari istilah-istilah yang sangat banyak itu, dibawah ini adalah hanya beberapa istilah yang sering digunakan.

Jika terdapat istilah yang tidak dimuat silahkan anda tambahkan pada kolom komentar, nanti akan saya update artikelnya.

Diantara istilah-istilah dan maksudnya adalah sebagai berikut:

  • Root
    Root adalah user ‘Administrator’ pada Operating System. User ini memiliki akses penuh terhadap Operating System. Sedangkan Rooting adalah proses untuk mendapatkah akses Root pada Handheld kita. Karna biasanya secara default gadget yang kita gunakan tidak memberikan akses Root.
  • Flashing
    Flashing bisa diibaratkan seperti Install OS di PC. Dengan flashing, kita bisa melakukan upgrade atau downgrade versi android, maupun menginstal ROM Modifikasi pada handset kita.
  • ROM
    Read Only Memory adalah bagian penyimpanan memory yang sifatnya hanya bisa dibaca tanpa bisa disunting / edit kecuali dengan cara di Flashing ke ROM lain.
  • Stock ROM
    Stock ROM adalah ROM yang dibuat resmi oleh produsen handphone / tablet . Dalam hal ini Samsung membuat ROM khusus untuk Galaxy Tab 7 Plus yang menggunakan Android Honeycomb 3.2.
  • Custom ROM
    Custom ROM adalah sebuah image dari OS yang sudah di kostumisasi oleh developer pihak ke-3. Sebenarnya ROM sendiri artinya adalah Read Only Memory, tetapi ketika digunakan dalam komunitas modding artinya menjadi custom OS image yang di install ke dalam area ROM di dalam handphone / tablet. Sebuah custom ROM adalah versi OS yang berdiri sendiri, di dalam custom ROM sudah termasuk dengan kernel, apps, service, driver, dan lain-lain.
    Semua sudah termasuk hal-hal yang digunakan untuk menjalankan sebuah perangkat handphone / tablet, bedanya hal ini di kostumisasi oleh seorang developer (ato team) bukan dari perusahaan pembuat handphone/ tablet nya.
    kustomisasi sendiri kira-kira berarti merubah, mengganti, menghilangkan sebagian atau seluruh bagian, melakukan optimalisasi, menambah, dan melakukan berbagai hal yang mereka bisa rubah dari stock ROM standar.
  • Kernel
    Kernel adalah jantung dr OS, kernel merupakan barebone dari komponen-komponen di dalam sebuah OS.
  • Odin
    Odin adalah software yang biasa digunakan untuk melakukan Flashing pada Galaxy Tab.
  • Super One Click (SOC)
    SuperOneClick adalah aplikasi yang biasanya digunakan untuk melakukan rooting pada Galaxy Tab.
  • Super User
    Superuser adalah hak akses “Administrator” yang memberikan keleluasaan bagi pengguna android untuk menggunakan sepenuhnya fungsi-fungsi yang mungkin dibatasi oleh pembuat ROM.
  • Bricked
    Bricked adalah kondisi dimana Galaxy Tab anda tidak bisa masuk ke OS. Ada dua jenis bricked, yaitu soft bricked dan hard bricked. Soft bricked biasanya ditandai dengan gambar seperti ini :
    Sedangkan Hard bricked biasanya ditandai dengan tidak mampunya Galaxy Tab 7 Plus anda untuk hidup walau sudah di tekan power.
  • Boot Loop
    Bootloop adalah kondisi dimana Gadgets anda tidak bisa masuk ke OS dan hanya bisa sampai ke logo start up.
  • Download Mode
    Download mode adalah langkah yang harus dilakukan untuk memasukkan ROM ke dalam Galaxy Tab atau yang dikenal dengan Flashing.
    Cara untuk mengakses download mode adalah dengan menekan tombol Power + Vol.Down secara bersamaan.
  • Recovery Mode
    Recovery Mode adalah langkah yang dilakukan untuk melakukan proses recovery / factory reset atau fungsi-fungsi penambahan/penggantian ROM, Kernel dan sebagainya jika sudah menggunakan Custom ROM.
    Cara untuk mengakses recovery mode adalah dengan menekan tombol Power + Vol. Up secara bersamaan.

Diatas adalah beberapa istilah yang sering digunakan atau sering kita dengar dalam proses rooting atau flashing atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan Gadgets.

About Rendy Kazemha

Tiada Ilmu Yang Tidak Bisa Dipelajari, Selama Ilmu Itu Masih Terlihat dan Dirasakan, So pursue science..

Posted on 25 February 2013, in News and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Pesan Dari Anda Sangatlah Bermanfaat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: