Etimologi Multimedia

ETIMOLOGI MULTIMEDIA

Istilah multimedia pertama kali di kenal pada dunia teater, yangmempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduandari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadisuatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual. Umumnya juga orangmengenal multimedia sebagai sistem dari komputer personal (PC) yangberkembang pesat dewasa ini. Dalam Perkembangannya pengajaran, latihan,pembuatan manufaktur, sedang dalam system perekonomian layak digunakan untuk kegiatan promosi penjualan.
Menurut Robert Webking , multimedia secara “etimologi “ di artikan sebagai,“multi“ (banyak) “medium“ (prantara media). Dalam bidang informasi multi
media
memiliki makna yaitu “persekutuan media“ diantara sumber dan pemasukaninformasi atau “persekutuan alat“ dengan mana informasi di simpan,
ditransmisikan, dipresentasikan dan diterima (webking.2001: http://www.alltheweb.com)
Munter (1982) menulis bahwa, “al
at bantu media dapat memberikan sumbanganyang sangat besar dalam menambah minat, variasi, dampak serta kemampuanmengingat lebih lama dibandingkan dengan kata-kata. Munter menjelaskan bahwaorang paling banyak belajar dan menyimpan memori melalui observasi minimal85% sedangkan data yang dikumpulkan dan yang disimpan berasal dari penglihatandan suara bisa melebihi batas normal. Suatu tinjauan mengenai suatu penelitianmenyatakan bahwa alat bantu audiovisual (multimedia) meningkatkan pemahamansampai 200% dalam pengajaran, alat bantu visual meningkatkan daya ingat sekitar14-38%, dan dapat mengurangi waktu yang diperlukan sampai 40% untuk menjelaskan konsep tunggal dalam kegiatan promosi.Satu alasan penting bahwa alat bantu multimedia yang relevan dan dipilihdengan baik adalah menarik perhatian dengan kualitas kerja yang luar biasa, warna-warna terang pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyi yang khusus,semuanya akan membantu mendapatkan perhatian. Dengan kualitas praga yangluar biasa, warna-warna pada bagan, bentuk unik suatu obyek, dan getaran bunyiyang khusus, semuanya akan membantu mendapatkan perhatian danmemperbaharui daya tarik gagasan yang disampaikan. Perhatian penuh dapat
dilakukan hanya dalam beberapa detik memiliki “waktu paruh“ yang sangat singkat

Etimologi Multimedia

alat multimedia dapat digunakan secara efektif untuk mengendalikan perhatianpenyimak melalui stimulasi visual dan stimulasi oral. Stimulasi visual dan stimulasioral akan memberikan kesadaran yang tinggi, intensitas, ukuran yang besar,pengulangan, durasi, warna yang cerah. Istilah psikofisik mengacu pada interaksiproses psikologis dan stimulasi fisik penggabungan faktor-faktor itu dalam bentuk alat bantu multimedia akan sangat membantu mempertahankan tingkat perhatianyang disengaja ataupun yang tidak disengaja
Multimedia juga sangat membantu dalam kegiatan belajar, selain dalammembantu kegiatan promosi, dimana belajar mengajar merupakan hal yang patut diperhatikan dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Dengan meningkatnyasumber daya manusia maka suatu negara dapat di katakan telah maju, denganadanya multi media system belajar mengajar dapat efektif dan efesien sehinggadengan adanya multimedia belajar dapat berinteraktif
1.1
KATEGORI
MULTIMEDIA
Multimedia dapat didefinisikan menjadi dua kategori yaitu multimediacontent production dan multimedia communication dengan definisi sebagai berikut:
1. Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text,audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music,video, film, game, entertaiment, dll) Atau penggunaan sejumlah teknologiyang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text,

Etimologi Multimedia

audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baruuntuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalahMedia TeksMedia AudioMedia VideoMedia AnimasiMedia Graph / ImageMedia InteractivityMedia Special Effect
2. Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak,dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan materialadvertising, publicity, entertaiment, news, education, dll. Dalam kategori ini mediayang digunakan adalahTVRadioFilmCetak Musik.
GameEntertaimentTutorial
CT (Internet)
1.2
KARAKTERISTIK
MULTIMEDIA

Multimedia juga mempunyai karakteristik, yaitu ada 2 bentuk:
1.

Bentuk Linier: Sebuah stuktur Multimedia dimana pengguna bernavigasisesuai urutan dari 1 frame atau bite informasi ke yang kainnya.
2.

Bentuk non linier: Stuktur Multimedia dimana pengguna bernafigasisecara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.Dari karakteristik tersebut meliputi diantaranya yaitu:1.

Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif danlinier atau pasif.2.

Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.3.

Mengembang Multimedia, membuat judul Multimedia dengan pirantiAuthoring.4.

Proyek Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia.Ada beberapa istilah- istilah yang sering dipergunakan dalamMultimedia, yaitu:Multimedia Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhiratau USER dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutanelemen multimedia dikirimkan.

Etimologi Multimedia
5
Programmer Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikanelemen bentuk keseluruhan yang hakus menggunakan sebuahsisstem Authoring/bahasa pemrograman.Proyek Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isiyang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer atautelevisi. Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatanMultimedia.
1.3
MANFAAT
MULTIMEDIA

Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan dibawahini :Industri Kreatif Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan,mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni komersial,KomersialPresentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalamperiklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh timkreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalampelatihan dalam bentuk presentasi multimedia
Hiburan dan seni rupaSelain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industrihiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dananimasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan

About Rendy Kazemha

Tiada Ilmu Yang Tidak Bisa Dipelajari, Selama Ilmu Itu Masih Terlihat dan Dirasakan, So pursue science..

Posted on 23 November 2012, in Artikel, Multimedia and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Pesan Dari Anda Sangatlah Bermanfaat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: