Candi Sadon Magetan

candi sadon magetanCandi Sadon adalah sebuah candi peninggalan jaman kerajaan Erlangga yang terletak di dusun Sadon, desa Cempoko, kecamatan Panekan, Magetan.Dengan lokasi kurang lebih 40 meter sebelah timur perempatan dusun Sadon.

candi reog magetan

Dinamakan candi Sadon karena candi ini berada di dusun Sadon,bukan itu saja akan tetapi candi ini juga dikenal dengan candi Reog karena di reruntuhan candi terdapat Kalamakara.Apakah kalamakara itu..??. Kalamakara adalah arca raksasa Kala atau masyarakat sekitar candi menyebutnya kolo,yaitu sosok yang berwajah mirip harimau (Batara Kala ) yang menyeramkan, mata besar melotot, keluar mulut menganga, taring terbuka, dan dua tangan siap menerkam, sedang dua makara menghias di kepala, sehingga disebut KALA MAKARA.Jadi disebut Candi Reyog, semata-mata karena ada dua Kala Makara yang bentuknya seperti kesenian reyog (kepala harimau dan merak) atau dhadhakmerak.
Reog identik dengan kota Ponorogo Jawa Timur, dan mungkin situs candi Reog atau Candi Sadon ini masih ada keterkaitannya dengan Reog Ponorogo.

reco sapi magetan

Selain Candi Reog atau Candi Sadon masih ada satu lagi candi kecil yang terletak di sebelah timur kompleks candi Sadon, tepatnya di depan pemakaman desa, terdapat candi kecil bernama Candi Reca Sapi (arca sapi).Ukuran candi ini sangat kecil, jauh lebih kecil dibandingkan dengan kebanyakan candi yang terdapat di Jawa Timur. Candi yang diperkirakan merupakan candi Hindu tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1971 oleh Sudiro, penduduk setempat. Ketika diketemukan, candi tersebut tertutup rumpun bambu dan tidak terawat.

Sumber: http://www.magetanindah.com/2012/10/situs-candi-reog-atau-candi-sadon.html

About Rendy Kazemha

Tiada Ilmu Yang Tidak Bisa Dipelajari, Selama Ilmu Itu Masih Terlihat dan Dirasakan, So pursue science..

Posted on 24 January 2013, in Info Magetan, Wonderfull Indonesia and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Pesan Dari Anda Sangatlah Bermanfaat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: