Penambangan Dan Pengeboran Asteroid

asteroid-dekat-bumiPernahkah terbayang asteroid ditambang seperti penambangan di bumi dalam benak Anda? Ternyata kegiatan pertambangan di asteroid bukan hal yang mustahil. Para pakar dan penanam modal di Amerika telah mempersiapkan segalanya untuk hal tersebut. Pengeboran Asteroid untuk diambil bahan tambanganya akan dilakukan dalam beberapa waktu kedepan

Adalah perusahaan asal Amerika, Planetary Resources yang akan mewujudkan kegiatan pertambangan yaitu eksplorasi dan eksploitasi barang tambang di asteroid yang paling dekat dengan bumi.

Dalam istilahya, Asteroid pernah dikatakan dengan planet minor atau planetoid. Asteroid adalah benda angkasa yang memiliki ukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan planet, tetapi lebih besar bila dibandingkan dengan meteoroid. Asteroid umumnya terdapat pada bagian dalam system tata surya. Bila dilihat dari sisi visualnya, Asteroid tentu berbeda dari komet. Jika Komet menampakkan ekor atau yang disebut dengan koma, sedangkan asteroid tidak.

Langkah ingin melakukan kegiatan penambangan di asteroid terdekat dengan bumi disebabkan kandugan sumber daya alam yang luar biasa, belum lagi jaraknya yang memang “dekat” dengan bumi.

Mineral yang terkandung dalam asteroid yang menarik perhatian untuk dilakukan penambangan adalah air dan berbagai jenis logam seperti ruthenium, rhodium, palladium, osmium, iridium, atau platinum.

Di asteroid, kelompok logam platinum adalah logam yang banyak dibutuhkan dan lebih mudah didapat. Disampng itu kandungan platinum dalam asteroid jauh lebih melimpah bila dibandingkan dengan yang ada di bumi.

Keterlimpahan kandungan platinum dalam asteroid digambarkan dengan sebuah batu luar angkasa dengan lebar hanya 500 meter atau 1.650 kaki mengandung kelompok logam platinum yang setara dengan jumlah platinum yang pernah digali sepanjang sejarah manusia di bumi. Inilah yang menarik para investor untuk menanamkan modalnya dalam kegiatan tersebut. Bahkan rencana pertambangan luar angkasa tersebut disuppoer oleh pembuat film James Cameron sebagai penasihat dan salah satu pendiri Google, Larry Page, yag bertindak selaku penyandang dana atau investor.

Namun perusahaan yang akan melakukan kegiatan pertambangan di asteroid, Planetary Resources belum menyebutkan kepastian waktu pelaksanaan kegiatan pertambangan luar angkasa itu. Untuk saat ini perusahaan baru mengadakan persiapan untuk kegiatan pertambagan beberapa tahun kedepan.

Selama masa periapan, perusahaan akan memetakan sejumlah objek tambang apa yang akan digali untuk pertama kalinya serta misi luar angkasa apa yang akan digunakan. Planetary Resources juga telah mendesain teleskop luar angkasa denganbiaya rendah namun memiliki kemampuan memadai dan direncanakan akan mengorbit di dekat Bumi dalam 18 hingga 24 bulan yang akan datang.

Sumber: http://www.antariksainfo.com/

About Rendy Kazemha

Tiada Ilmu Yang Tidak Bisa Dipelajari, Selama Ilmu Itu Masih Terlihat dan Dirasakan, So pursue science..

Posted on 12 December 2012, in News and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Pesan Dari Anda Sangatlah Bermanfaat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: