Instalasi windows 8 dengan WinReducer 8

Windows 8 tidak hanya menawarkan pengalaman baru dalam menggunakan sistem operasi lewat modern UI-nya, tapi juga performa dan jumlah kapasitas hard disk yang dibutuhkan jauh lebih baik ketimbang pendahulunya. master instalasi windows 8 berkisar kurang lebih 3-4 GB. jika anda merasa kapasitas master instalasi ini terlalu besar anda bisa menguranginya kok dengan menggunakan WinReducer 8.

WinReducer 8 adalah sebuah aplikasi gratis yang dapat anda gunakan untuk mengkostumasi master instalasi windows 8 anda sehingga lebih ramping. prinsipnya dengan mengurangi komponen-komponen yang kurang penting dari windows 8 seperti paket bahasa, games, wallpaper dlsb. dengan kapasitas master instalasi yang ramping maka dapat menghemat space penyimpanan hard disk anda dan tentu saja akan muat anda simpan ke dalam flash disk  sehingga master instalasi anda dapat anda bawa kemana-mana. ini sangat cocok bagi anda yang berprofesi sebagai teknisi.

selain itu anda bisa melakukan beberapa macam kustomasi pada instalasi windows. sehingga pada saat windows 8 selesai diinstall maka tampilan, setting, dan performa windows 8 langsung menjadi seperti yang anda inginkan tanpa harus susah-susah menyetel ulang. dan proses instalasi juga dapat berlangsung otomatis tanpa perlu anda tunggu.

WinReducer 8 sendiri adalah aplikasi portabel, artinya anda tidak perlu menginstall nih aplikasi ke komputer anda, cukup anda double klik saja dan aplikasi siap untuk anda gunakan. aplikasi sangat juga praktis dan mudah dibawa kemana-mana melalui media flash disk.

1

DOWNLOAD WINREDUCER 8 setelah anda mendownload aplikasi ini setelah extract file .zip, lalu jalankan WinReducer.exe sesuai dengan BIT OS widows anda. jika anda nggak tahu pasti versi BIT OS anda maka anda bisa mengklik yang versi winreducer8_X32.exe.

program ini masih dalam tahap “alpha” artinya masih belum final dan masih dalam tahap uji coba. namun program ini dapat berjalan sesuai yang telah dijanjikan kok. tampilan dari aplikasi ini sangat minimalis tapi juga sangat user friendly.

Kostumisasi instalasi windows 8

  •  masukan DVD instalasi windows 8 anda atau bagi anda yang menggunakan file .iso mount terlebih dahulu file instalasi .iso anda.
  • buat sebuah folder baru di Desktop dengan nama Windows8
  •  copy seluruh file yang terdapat pada DVD instalasi anda, lalu pastekan ke folder Windows8 yang baru saja anda buat tadi.
  • 2extract file WinReduce8.zip yang baru saja anda download dengan mengklik kanan file winreduce8.zip lalu pilih extract all, jalankan winreducer8_x32.exe untuk menjalankan program yang versi 32BIT dan winreducer8_X64 untuk menjalankan yang versi 64BIT.

3

  • pada jendela yang muncul klik tombol Open, lalu arahkan ke folder WIndows8 yang telah kita buat di Desktop tadi . klik OK jika sudah.

4

  • tandai versi windows yang anda inginkan lalu klik tombol mount
  • 5setelah mengklik tombol Mount diharapkan anda sabar sejenak menunggu prosesnya selesai. karena ini akan cukup memakan waktu ya sebaiknya anda tinggal ngupil dulu juga nggak papa deh..
  • 6tools ini akan mengizinkan anda untuk “membuang” fitur-fitur yang nggak penting. anda tinggal menandai komponen-komponen yang ingin anda “buang”. anda bisa membuang komponen-komponen yang terdapat dalam Accessories, Drivers, Fonts, Languages, Themes, Services dlsb. semua ini bisa anda lakukan pada tab Component Reducer
  • 7pada tab Costumization anda bisa membuat beberapa tweak untuk mengoptimalkan master instalasi windows anda. anda dapat membuang charm bar, menyembunyikan desktop icon, membuang file dan pengaturan pada windows explorer, membersihkan file-file yang tidak diinginkan dlsb. disini anda juga bisa mengatur default lockscreen, wallpaper dan tema kustom yang anda inginkan.
  • 8pada tab unattended, anda bisa membuat master instalasi windows 8 anda ini nantinya berjalan otomatis. sangat praktis dan sangat menghemat waktu kan…?? kini proses instalasi tidak perlu anda awasi lagi, cukup masukan DVD/UFD instalasi dan komputer bisa anda tinggal mengerjakan pekerjaan lain.
  • pada bagian ini anda juga bisa memasang background instalasi windows 8 anda, klik pada Change Background dan pilih file gambar yang akan anda gunakan untuk background instalasi.
  • 9klik tab Apply, klik Launch dan OK. dan winreducer 8 akan membangun kembali instalasi windows 8 anda.
  • 10pada jendela berikutnya tandai pilihan Save in WIM file and create a new iso. lalu tandai pilihan Change the folder to save your iso kemudian pilih folder tempat menyimpan file .iso dari instalasi windows yang sudah dimodifikasi sebagai contoh kita simpan saja di desktop. jika sudah klik tombol save

tunggu proses hingga selesai. setelah selesai sekarang di desktop anda terdapat file dengan nama Winreduce8.iso file ini adalah file instalasi windows 8 yang sudah anda modifikasi. anda bisa mem-burn file .iso ini kedalam DVD jika ingin anda gunakan sebagai media instalasi.

  • cara ngeburn file .iso ini kedalam DVD sangat gampang, cukup anda masukan DVD kosong lalu klik kanan file WinReducer8.iso dan pilih Burn Disc Image.

11

Sumber: eridesktop.com

About Rendy Kazemha

Tiada Ilmu Yang Tidak Bisa Dipelajari, Selama Ilmu Itu Masih Terlihat dan Dirasakan, So pursue science..

Posted on 2 January 2013, in Cara-cara and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Pesan Dari Anda Sangatlah Bermanfaat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: